4 Hal yang Sebaiknya Anda Terapkan Dalam Merawat Koleksi Peralatan Dapur

  • Whatsapp
4-Hal-yang-Sebaiknya-Anda-Terapkan-Dalam-Merawat-Koleksi-Peralatan-Dapur
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Bagi para ibu rumah tangga atau Anda yang memiliki hobi memasak, memiliki beragam koleksi peralatan dapur atau peralatan masak seperti Happy Call merupakan hal yang menyenangkan. Dengan koleksi peralatan dapur yang lengkap, Anda bisa lebih mudah dalam memasak dan bisa melakukan banyak kreasi masakan. Namun koleksi-koleksi peralatan tersebut tentunya harus Anda rawat dengan baik agar bisa tetap awet, bersih, dan tahan lama.

Merawat Peralatan Dapur

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga dan merawat koleksi peralatan dapur Anda.

Read More

1. Cara merawat peralatan dapur dari plastik

Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi peralatan dapur yang terbuat dari plastik, Anda bisa mencuci peralatan tersebut dengan air hangat setelah selesai digunakan. Campurkan air hangat tersebut dengan sabun pencuci piring kemudian keringkan. Jika setelah kering masih Anda masih mencium bau sisa lemak pada peralatan tersebut, Anda bisa menghilangkannya dengan menggunakan jeruk nipis.

Perlu Anda perhatikan juga bahwa lebih baik jangan menggunakan wadah yang terbuat dari bahan plastik untuk menyajikan makanan yang baru dimasak dan masih panas, karena hal tersebut bisa menimbulkan zat karsinogen yang merupakan pemicu kanker.

2. Cara merawat peralatan dapur dari besi

Bagi Anda yang memiliki banyak peralatan dapur yang terbuat dari besi seperti Happy Call atau peralatan-peralatan besi lainnya, Anda mungkin sering mengalami peralatan dari besi tersebut menghitam atau gosong di bagian bawahnya karena terkena api saat digunakan untuk memasak.

Untuk membuatnya kembali bersih, Anda bisa mencucinya dengan sabun pencuci piring yang ditambahkan beberapa bahan alami, seperti nanas, jeruk nipis, atau larutan soda. Selain menggunakan bahan-bahan tersebut, akan lebih efektif lagi jika Anda mencucinya dengan menggunakan serat alumunium.

Bahan ini cukup ampuh untuk menghilangkan noda hitam pada peralatan dapur dari besi. Hanya saja Anda juga harus mengetahui efek sampingnya bahwa penggunaan serat alumunium juga bisa membuat permukaan peralatan dapur tersebut terkikis sedikit demi sedikit.

3. Cara merawat peralatan dapur dari kayu

Dapur merupakan ruangan yang mudah menjadi lembab. Ini membuat peralatan dapur yang terbuat dari materi kayu akan lebih mudah terkena jamur. Jika hal ini terjadi pada peralatan dapur Anda, maka Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun pencuci piring serta air yang mengalir yang Anda siramkan ke seluruh permukaan peralatan dapur tersebut lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan.

Terkadang peralatan dapur dari kayu juga banyak digunakan untuk menggoreng atau mengaduk masakan yang sedang dimasak, seperti berbagai spatula, sodet, atau sendok yang terbuat dari kayu. Jika setelah digunakan Anda menemukan noda yang menempel pada perabotan kayu tersebut, Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti direndam pada larutan garam yang dicampur air panas atau cuka yang dicampur dengan madu. Selain itu bisa juga menggunakan lemon yang dicampur pada air panas.

4. Cara menghilangkan bau amis

Bau amis seringkali menjadi masalah pada berbagai peralatan dapur yang terbuat dari bahan apapun. Untuk menghilangkan bau amis ini, Anda bisa membersihkannya dengan cara memasukkan garam atau lemon pada air mendidih dan menjadikannya larutan untuk merendam berbagai perabotan yang bau amis. Kemudian cuci dan bilas kembali dengan menggunakan sabun pencuci piring.

Itulah beberapa cara merawat peralatan dapur Anda. Dengan perawatan yang tepat, koleksi Happy Call dan perabotan dapur Anda yang baik bisa tetap terjaga dengan baik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *