5 Komponen Listrik yang Perlu Anda Tahu

  • Whatsapp
5-Komponen-Listrik-yang-Perlu-Anda-Tahu
Foto dari Canva Pro

MCB listrik atau Miniature Circuit Breaker adalah satu dari beberapa komponen listrik yang jarang dipahami oleh pengguna listrik pada umumnya. MCB pada instalasi listrik berguna untuk melindungi sistem listrik dalam keadaan kelebihan arus listrik atau korsleting. Jika MCB tidak bekerja dengan baik dapat mengakibatkan hal-hal berbahaya seperti adanya percikan api bahkan hingga kebakaran. MCB pada listrik terletak pada box atau kotak khusus penyimpanan MCB ada di kWh meteran listrik.

Membahas masalah listrik memang cukup membingungkan bagi orang awam karena beberapa istilah-istilah yang sulit dipahami. Namun, sebagai pengguna listrik sebaiknya Anda dapat memahami atau mengerti beberapa hal dari komponen listrik. Fungsinya adalah agar Anda tahu harus melakukan apa saat listrik sedang tidak dalam kondisi normal.

Read More

Komponen-komponen listrik

Agar dapat memahami tentang kinerja listrik, Anda harus memahami komponen-komponen listrik terlebih dahulu. Sebenarnya, sudah ada pelajaran di sekolah yang menjelaskan tentang komponen-komponen listrik. Namun, bisa saja Anda lupa atau saat diberikan pelajaran belum mengerti dengan baik. Berikut adalah 4 komponen listrik yang harus diketahui:

1. Transformator

Komponen listrik yang paling dasar dan harus diketahui adalah transformator atau trafo. Arti transformator adalah komponen yang berguna untuk menaikkan dan  menurunkan tegangan bolak-balik.

Ada 3 komponen pokok dalam trafo, yang pertama adalah trafo primer sebagai input. Komponen kedua adalah kumparan sekunder sebagai output dan yang ketiga adalah inti besi sebagai penguat medan magnet. Sifat kerja transformator yaitu makin besar arus dasar makin besar daya penghantarnya.

2. Induktor

Induktor dalam komponen listrik berbentuk lilitan kawat yang menyimpan muatan listrik. Muatan arus listrik disimpan dalam induktor dalam bentuk medan magnet. Ada 3 jenis induktor pada umumnya, yaitu fixed coil, variable coil dan choke coil. Fixed coil adalah induktor dengan harga pasti dan tidak dapat diubah, sedangkan variable coil ialah kebalikannya. Kemudian  choke coil adalah induktor yang digunakan untuk sinyal frekuensi tinggi.

3. Resistor atau penghambat

Fungsi dari resistor adalah menghambat arus listrik dan menghasilkan nilai resistansi tinggi. Bahan dasar resistor atau penghambat yang paling umum digunakan adalah metal film dan karbon. Komponen resistor juga dapat digunakan untuk penurunan tegangan, pembagi tegangan dan penghambat arus listrik. Anda juga disarankan memasang MCB listrik untuk menghambat kelebihan arus listrik.

4. Dioda atau penghantar

Komponen dioda lebih dikenal sebagai penghantar yang berfungsi menghantarkan arus listrik menuju satu arah dan menghambat ke arah lain. Dioda memiliki 2 komponen yakni anoda dan katoda. Anoda adalah elektroda positif sedangkan katoda merupakan elektroda negatif.

5. Saklar

Saklar adalah komponen yang sering dibicarakan dan memiliki arti alat penyambung dan pemutus arus listrik. Komponen elektronika dalam saklar dapat bekerja memutus jaringan listrik ataupun menyambungkan kembali.

Saklar dapat digunakan pada jaringan listrik berarus kuat atau berarus lemah. Biasanya pada listrik dengan arus lemah menggunakan saklar dalam bentuk lebih kecil daripada yang digunakan untuk arus kuat.

Uraian tentang 5 komponen listrik di atas dapat memudahkan Anda mengenal dan memahami cara kerja listrik. Dengan mengenal dan memahami komponen listrik dapat digunakan saat mengalami keadaan listrik tidak dapat menyala atau dalam masalah lain. Apalagi pada jaman serba modern ini, semua peralatan membutuhkan listrik sehingga akan sangat membantu apabila Anda mengetahui sedikit informasi tentang listrik.

Berkembangnya penggunaan listrik juga seimbang dengan perawatan pada listrik. Salah satunya adalah MCB listrik yang dapat berguna mencegah konsleting pada listrik. Saat arus listrik mengalami kelebihan muatan, alat MCB akan menghalangi munculnya percikan api pada kabel listrik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *