5 Komponen Sistem Distribusi Listrik Data Center yang Wajib Dipahami

  • Whatsapp
5-Komponen-Sistem-Distribusi-Listrik-Data-Center-yang-Wajib-Dipahami
Foto dari se.com

PDU banyak digunakan sebagai perangkat keamanan di daerah pertambangan guna melindungi aset alat bergerak. Dengan adanya Power Distribution Unit, kerja kelistrikan yang dimiliki alat berat bisa lebih mudah atau ringan. Tak hanya pada alat berat saja, setiap bagian peralatan listrik merupakan bagian fundamental dalam desain daya lebih besar. Peralatan listrik yang bisa memberikan kinerja terbaik sangat mempengaruhi data center.

Sistem distribusi listrik di data center memang terus melakukan perkembangan dan inovasi sepanjang waktu. Namun, alangkah baiknya Anda tetap memahami definisi dan komponen kelistrikan data center agar praktik memisahkan arus searah (DC) dan arus bolak-balik (AC) bisa maksimal.

Read More

Komponen-Sistem-Distribusi-Listrik-Data-Center
Foto dari se.com

Komponen Sistem Distribusi Listrik Data Center

Yuk, simak sistem kelistrikan End-to-End berikut!

1. UPS

UPS atau Uninterruptible Power Supply bisa melakukan konversi kebutuhan listrik secara cepat dan singkat. Bisa diibaratkan bahwa UPS adalah powerbank yang bisa mengisi baterai lemah saat ponsel kesayangan kehabisan daya. Tujuan UPS bisa mendukung kebutuhan listrik saat infrastruktur IT tengah mengalami kritis dan butuh pasokan energi. Data center memiliki beberapa UPS yang dikategorikan sebagai blok tunggal.

2. Transformer

Mampu mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC lain berkat perangkat elektromagnetik yang dilengkapi dengan gulungan per fase dan memberikan isolasi galvanik dengan transmisi energi antara gulungan melalui kopling induktif magnetik secara induksi.

Ukuran dan jenis trafo yang dipilih bertujuan untuk memberikan tingkat transformasi tegangan, menjaga kinerja grounding, isolasi AC-DC, dan pembatalan harmonis melalui pergeseran fase serta pengurangan tegangan transient melalui grounding.

3. PDU

Power Distribution Unit merupakan sebuah kabinet distribusi listrik, berdiri bebas atau rak mount yang bertujuan untuk memberikan titik dalam distribusi listrik. Setiap data center perusahaan sangat membutuhkan PDU termasuk fasilitas colocation server atau disaster recovery center di Indonesia. Alat berat di daerah pertambangan atau tempat berbahaya lain pasti memiliki kabinet distribusi listrik yang bisa memberikan peringatan pada alat berat saat mengalami kejadian tidak diinginkan seperti kecelakaan.

4. ICTE PSU

Dirancang untuk melakukan konversi atau perbaikan tegangan alternating current (AC) ke tegangan langsung (DC) pada unit PSU yang berguna untuk Teknologi Informasi dan Peralatan Komunikasi.

5. Generator set

Generator berfungsi untuk menyediakan daya yang dibutuhkan dengan beban yang terhubung, misalnya generator terhubung ke sistem data center. Beberapa generator bisa bekerja sama untuk mengoptimalkan kinerja menyediakan daya yang dibutuhkan pada sistem kelistrikan data center. Tentu sistem instalasi kelistrikan data center tergantung kebutuhan dan desain yang dibutuhkan.

Sistem kelistrikan End-to-End harus dibentuk sesuai dengan desain yang dibutuhkan berdasarkan sistem listrik yang lebih spesifik. Perlu melibatkan ahli dalam menyusun desain instalasi kelistrikan agar dampak komponen listrik data center bisa memberikan efisiensi data center yang menguntungkan. Spesifikasi sistem kelistrikan End-to-End harus mampu menjadi solusi dari masalah di lapangan.

Melibatkan ahli dalam membuat diagram atau skema kelistrikan agar data center bisa berfungsi optimal wajib dilakukan. Pastikan pemahaman pada kapasitas sumber daya data center, konfigurasi dan persyaratan beban komputasi mencakup server, storage, jaringan, dan lain-lain terpenuhi semaksimal mungkin.

Anda harus tahu beberapa masalah atau gangguan yang sering mengganggu kinerja sistem listrik data center mencakup gangguan listrik transien, fluktuasi, tegangan, pemadaman, kelainan daya, dan lain-lain. Pastikan perancangan data center menghadirkan orang-orang yang ahli di bidangnya. Selain itu, Anda harus mendukung peralatan yang dibutuhkan termasuk PDU diletakkan di rack server yang kredibel. Mengingat Anda butuh Unit Distribusi Listrik lebih dari satu, kenapa tidak membeli peralatan yang mendukung sistem data center lebih baik?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *