6 Tips Merawat Perlengkapan Bayi

  • Whatsapp
6-Tips-Merawat-Perlengkapan-Bayi
Foto dari Canva Pro

Ada banyak sekali hal yang perlu diperhatikan oleh para orang tua yang memiliki bayi, salah satunya adalah merawat perlengkapan dan keperluan bayi. Hal ini bertujuan agar perlengkapan bayi tersebut aman digunakan dan tidak membawa kuman atau bakteri yang membahayakan bayi.

Namun, tidak sedikit para orang tua yang mengabaikan hal sepele ini. Oleh karena itu, lakukan tips berikut ini agar perlengkapan tersebut tetap aman untuk digunakan.

Read More

Cara Merawat Perlengkapan Bayi dengan Benar

1. Membersihkan setelah dipakai

Hal ini adalah sesuatu yang wajib untuk dilakukan. Ada banyak sekali perlengkapan seperti tempat makan, botol minuman, dan mainan. Setelah peralatan tersebut dipakai, cucilah menggunakan sabun atau semprot dengan cairan anti bakteri. Meski terlihat bersih, alat-alat yang dibiarkan terlalu lama setelah digunakan bisa menjadi tempat bersarang kuman dan bakteri.

2. Mencuci tangan sebelum menyentuh

Berikutnya, Anda juga sebaiknya mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh perlengkapan bayi. Anda tidak tahu sebelum menyentuh peralatan tersebut benda apa saja yang mungkin Anda sentuh. Bisa jadi sebelumnya Anda sudah menyentuh berbagai barang yang belum tentu bersih. Untuk memastikan semuanya aman, akan lebih baik jika Anda mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir.

3. Membersihkan dengan pembersih khusus

Untuk membersihkan peralatan bayi perlu pembersih khusus. Jangan gunakan sabun pembersih untuk membersihkan piring karena mungkin akan meninggalkan beberapa zat yang berbahaya. Gunakan pembersih khusus untuk keperluan bayi yang saat ini sudah banyak beredar. Anda bisa mendapatkan pembersih ini di supermarket atau website www.orami.co.id.

4. Membersihkan menggunakan sikat

Walaupun sebelum membersihkan peralatan bayi Anda harus cuci tangan terlebih dahulu, bukan berarti Anda bisa membersihkannya dengan tangan langsung. Anda memerlukan sikat agar bisa lebih efektif untuk menjangkau sudut-sudut yang sulit diraih oleh tangan. Sikat ini juga bisa membantu untuk membersihkan sisa makanan dan minuman dengan lebih sempurna.

5. Menyimpan pada wadah tertutup

Setelah peralatan selesai dicuci, segera keringkan dan simpan pada wadah yang tertutup. Cara ini bertujuan supaya peralatan tersebut selalu berada dalam keadaan bersih dan tidak ditempeli oleh debu atau benda asing lainnya. Anda bisa menyiapkan rak khusus untuk menyimpan perlengkapan anak agar tidak tercampur dengan perlengkapan lainnya.

6. Merendam perlengkapan di air panas

Tips ini bisa Anda coba setelah membeli perlengkapan yang baru. Merendam peralatan bayi di air panas selama 5 menit bisa menjadi cara untuk sterilisasi. Setelah itu, tiriskan peralatan tersebut dan ketika sudah kering, Anda bisa menggunakannya. Kualitas perlengkapan juga turut berpengaruh pada proses ini. Jika kualitasnya tidak terlalu bagus, saat direbus benda tersebut akan rusak atau penyok dan sebaiknya Anda tinggalkan.

Itulah 6 cara untuk merawat perlengkapan buah hati agar selalu aman ketika digunakan. Dengan begitu, kesehatan bayi bisa selalu terjaga.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *