9 Teknologi yang Dibutuhkan Smart Factory dalam Industry 4.0

  • Whatsapp
9-Teknologi-yang-Dibutuhkan-Smart-Factory-dalam-Industry-4.0
Foto dari Canva Pro

Istilah Industry 4.0 mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Istilah ini sering digaungkan dalam berbagai kesempatan. Kita memang sedang memasuki atau bahkan bisa dikatakan sedang berada di era ini. Pada era ini, semua hal dikaitkan erat dengan kecanggihan teknologi berbasis digital di bidang industri. Kemunculannya ditandai salah satunya oleh smart factory atau pabrik pintar.

Pabrik pintar, atau ada juga yang menyebutnya dengan smart manufacturing, yaitu sebuah pabrik yang menggunakan teknologi berbasis digital sehingga memungkinkan adanya proses otomatisasi dan optimalisasi. Teknologi ini terintegrasi sepenuhnya sehingga mudah untuk diakses di manapun dan kapanpun ketika dibutuhkan.

Read More

Industry 4.0 tidak hanya menciptakan smart factory, namun juga dibutuhkan skill yang relevan dari SDM-nya. Selain itu, dibutuhkan juga berbagai teknologi yang dibutuhkan untuk menghadapi Industry 4.0.

Teknologi yang Dibutuhkan Smart Factory

Berikut ini beberapa teknologi yang dibutuhkan untuk menghadapi industri 4.0 dan akan digunakan di pabrik pintar.

1. Internet of Things (IoT)

Internet of Things meliputi kemampuan sebuah objek yang bisa melakukan transfer data melalui sebuah jaringan tanpa perlu interaksi manusia. IoT memungkinkan sebuah sistem terhubung dan terintegrasi antara perangkat yang satu dengan perangkat lainnya. IoT juga sudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti lampu yang akan mati sendiri saat hari sudah siang.

2. Big Data

Big Data merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah data dalam jumlah atau volume yang besar. Data yang dimaksud di sini termasuk data yang terstruktur dan data yang tidak terstruktur. Saat ini, Big Data menjadi hal yang sangat penting dan dibutuhkan karena bisa menentukan arah bisnis.

3. Augmented Reality

Augmented Reality atau AR sering disamakan dengan virtual reality (VR). Padahal AR dan VR adalah dua hal yang berbeda. VR merupakan teknologi yang sepenuhnya adalah dunia maya. Sedangkan AR merupakan teknologi yang menggabungkan atau menambahkan kenyataan sekitar dengan benda maya, baik dua dimensi atau tiga dimensi. Contoh dari AR yang sudah ada adalah Pokemon Go.

4. Cyber Security

Karena hampir semua hal berbasis digital, maka dibutuhkan sistem pengamanan cyber atau cyber security. Sistem pengamanan ini digunakan untuk mengamankan data-data yang ada. Tanpa adanya pengamanan yang canggih, semua data dan sistem smart factory yang tersimpan di cloud rentan diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Artificial Intelligence

Teknologi ini tentu sudah Anda ketahui, yaitu teknologi kecerdasan buatan yang memungkinkan sebuah mesin memiliki kemampuan belajar dan menyesuaikan seperti manusia.

6. Additive Manufacturing

Sering disebut juga dengan printer 3D, yaitu sebuah teknologi yang memungkinkan mesin mencetak benda 3D sesuai dengan desain yang telah dibuat. Nantinya, benda yang dihasilkan memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan desain sebenarnya.

7. Simulation

Smart factory membutuhkan teknologi yang bisa digunakan sebagai simulasi. Melalui teknologi ini, perusahaan bisa menguji hasil produknya. Tidak hanya itu, teknologi simulasi ini juga bisa dirancang untuk memberikan pelatihan, pendidikan, teknik keselamatan, dan berbagai tujuan lainnya.

8. System Integration

Teknologi yang digunakan oleh sebuah pabrik pintar tidak hanya satu, melainkan banyak teknologi. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan semua sistem yang ada, baik secara fisik maupun secara fungsional. Hal ini dilakukan demi memudahkan pengawasan dan pengoperasian.

9. Cloud Computing

Cloud computing merupakan teknologi yang berfungsi sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi berbasis internet. Jadi, pusat data disimpan secara digital melalui teknologi ini. Hal ini mengurangi risiko kehilangan data akibat perangkat komputer rusak atau karena virus. Dengan sistem pengamanan yang lengkap, cloud computing menjadi tempat teraman untuk menyimpan semua data perusahaan.

Itulah 9 teknologi yang dibutuhkan untuk menghadapi Industry 4.0 yang juga akan dibutuhkan untuk membangun smart factory. Tentu saja akan ada banyak orang kehilangan pekerjaan karena tugasnya sudah digantikan oleh teknologi dan mesin. Namun hal ini juga diimbangi oleh munculnya jenis pekerjaan baru yang juga akan membuka lapangan pekerjaan.

Untuk itu, kita sebaiknya memang harus beradaptasi dengan situasi saat ini yang jauh berbeda dengan situasi 10 hingga 20 tahun lalu. Salah satu caranya adalah dengan terus mengasah skill agar sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan industri saat ini. Dengan demikian, bukan hanya pabriknya yang pintar, namun juga sumber daya manusianya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *