Berikut Ulasan Perubahan Payudara Saat Hamil

  • Whatsapp

Dikala hamil, banyak perubahan yang terjadi pada diri wanita. Termasuk perubahan payudaranya, sebagaimana review berikut ini.

Wanita akan banyak mengalami perubahan ketika hamil. Salah satunya yaitu perubahan pada payudara ketika Anda tengah hamil.

Read More

1. Ukuran payudara akan lebih besar

Perubahan ini senantiasa diinginkan oleh wanita. Aliran darah ke payudara meningkat selama kehamilan untuk mempersiapkan saluran susu dan juga kelenjar susu. Mereka tumbuh dalam ukuran besar ketika mereka mulai meningkat ketika kelenjar susu akan timbul. Seorang spesialis Ginekolog mengatakan bahwa payudara seorang wanita bisa meningkat sampai tiga kali lipat ketika ia hamil dan empat kali ketika ia sedang menyusui.

2. Payudara jadi lebih berat

Peningkatan ukuran dan retensi cairan di tubuh yang terjadi selama kehamilan membikin payudara kian berat. Para spesialis mengatakan bahwa seorang wanita dapat menerima hingga satu kilogram cuma di payudaranya.

3. Puting lebih gelap

Puting dan areola tumbuh dalam ukuran dan menjadi lebih gelap. Perubahan puting dan areola terjadi sebab adanya perubahan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh. Perubahan hormonal ini membikin mereka merubah pigmen selama trimester kedua. Ukuran yang meningkat dan pigmen yang lebih gelap yaitu perubahan permanen yang akan konsisten seperti itu pun sesudah kehamilan dan menyusui.

4. Payudara jadi peka

Bagi banyak wanita, puting susu mereka menjadi sungguh-sungguh peka selama trimester pertama kehamilan. Sebetulnya, kelembutan payudara yaitu salah satu pedoman permulaan kehamilan.

5. Payudara rentan sakit nyeri

Kancah payudara Anda menjadi berat sehingga terjadi pembengkakan dan retensi cairan. Bisa menyebabkan payudara Anda menjadi sungguh-sungguh peka tak cuma di puting susu melainkan segala payudara. Sensitivitas meningkat dan dapat terasa sakit.

6. Puting terasa gatal

Banyak wanita mengalami kekeringan pada puting susu selama trimester kehamilan. Keadaan ini diketahui dengan puting eksim. Selama fase ini, puting menjadi merah, gatal dan bersisik. Tetapi, kondisinya gampang disembuhkan dengan memakai petroleum jelly, cream, minyak atau steroid topikal. Apabila Anda tak yakin apa yang mesti diaplikasikan dan mempunyai macam kulit peka, berkonsultasilah dengan dokter pakar.

7. Payudara menerima stretch mark

Seperti ukuran payudara Anda yang bertambah besar, kulit Anda memrentang dan mungkin mengalami stretch mark. Pedoman itu dapat disertai dengan kulit payudara Anda menjadi kering dan gatal. Hal ini lazimnya dapat ditenangkan dengan mengoleskan pelembap.

8. Payudara menjadi turun

Selama kehamilan, lazimnya payudara Anda menjadi turun Tetapi, lazimnya mereka menghilang sesudah sekitar satu bulan menyusui.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *