Cara Kelola Stok di Gudang Agar Tetap Rapi dan Efisien

Cara-Kelola-Stok-di-Gudang-Agar-Tetap-Rapi-dan-Efisien
Foto dari Canva

Manajemen gudang yang rapi dan efisien tentu akan mempengaruhi keseluruhan pelayanan baik dalam hal penyimpanan dan pengelolaan stok hingga pelayanan langsung di depan pelanggan. Misalnya saat dilakukan pemindaian kode produk dengan menggunakan scanner seperti barcode scanner zebra oleh operator, namun ditemukan ketidaksesuaian tentu akan menambah daftar panjang pekerjaan dan kinerja manajemen gudang pun menjadi kurang efisien.

Meski begitu, mengelola stok di gudang memiliki cerita dan keseruannya tersendiri, lho. Apalagi jika Anda termasuk dalam kategori orang yang gemar menata barang, tentu mengelola stok akan terasa seperti tantangan. Tidak hanya agar stok terlihat lebih rapi, nyatanya mengelola barang dapat mempermudah kinerja karyawan karena penempatan barang yang efisien. Berikut beberapa cara dalam mengelola stok di gudang agar tertata dengan rapi dan kinerja menjadi lebih efisien, yuk disimak.

Read More
  • Berikan kode pada setiap barang

Cara yang pertama merupakan salah satu hal yang paling mendasar dan penting untuk dilakukan dalam hal pengelolaan barang atau stok. Apalagi jika barang stok di gudang Anda termasuk dalam kategori yang banyak dan beragam, tentu pemberian kode pada setiap barang akan mempermudah kinerja operasional. Manajemen gudang yang buruk akan terlihat dari bagaimana lambatnya transaksi pembelian diproses akibat sulitnya menemukan produk yang dibeli oleh konsumen. Beri kode yang sederhana dan mudah Anda kenali serta lakukan repetisi terhadap produk sejenis dengan penambahan kode warna atau kode ukuran.

  • Kategorisasikan stok berdasarakan jenis dan tanggal kadaluarsa

Agar tampilan gudang menjadi lebih rapi dan terkelola dengan baik, Anda bisa mengkatogorisasikan stok berdasarkan jenis, warna dan ukuran lalu dahulukan produk yang mungkin memiliki periode waktu kadaluarsa yang lebih pendek. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah dalam melakukan perkiraan persediaan stok barang di gudang dan lebih akurat dalam melakukan penjadwalan pembelian di kemudian waktu. Hindari mencampur aduk stok yang ada meski sudah Anda berikan kode barang karena hal ini hanya akan menyita waktu saat pengecekan dan pencatatan ulang.

  • Rutin melakukan pengecekan secara berkala

Pengelolaan stok di gudang harus dilakukan secara rutin dan berkala setiap adanya barang yang masuk atau keluar maupun barang yang pindah tempat. Sebagai bagian dari proses pengecekan, Anda bisa melakukan pemeriksaan barang secara berkala dengan menghitung jumlah barang atau stok yang masih tersedia di gudang dan bandingkan dengan data pada catatan sebelumnya.

Itu dia beberapa cara dalam melakukan pengelolaan stok di gudang agar tetap rapi dan mendukung kinerja lebih efisien. Selalu lakukan pengecekan terhadap barang atau stok yang baru saja datang sebelum Anda simpan di gudang untuk menghindari keteledoran dalam pencatatan. Gunakan juga beberapa alat atau metode pencatatan yang modern dan otomatis agar data pengelolaan yang dibuat bisa lebih akurat dan terpercaya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *