Cara Membuat Itinerary untuk Mempermudah Kegiatan Traveling

  • Whatsapp
Cara-Membuat-Itinerary-untuk-Mempermudah-Kegiatan-Traveling
Foto dari Canva.com Photos Unlimited

Pada saat liburan, tentu terdapat beberapa destinasi wisata yang harus dikunjungi, serta biaya yang dikeluarkan. Perencanaan akan semua itu sangat penting sekali, untuk mempermudah kegiatan traveling dan juga memastikan biaya. itinerary adalah salah satu solusinya, Anda bisa membuatnya sendiri. Berikut adalah cara membuat itinerary untuk kegiatan traveling.

Cara Membuat Itinerary Rencana Perjalanan

Segala sesuatu dalam hidup tentu harus memiliki perencanaan, agar bisa meminimalisir risiko yang terjadi. Termasuk dalam hal traveling, Anda perlu membuat perencanaan dengan matang agar tidak bingung dan juga mendapatkan gambaran biaya yang pasti. Tidak usang bingung, berikut adalah tips cara membuat itinerary yang mudah.

Read More

1. Melakukan Riset

Saat sebelum berlibur tentu kita harus mencari tahu terlebih dahulu tempat apa yang akan dikunjungi. Anda bisa melakukannya dengan cara browsing di Google. Cari sebanyak mungkin informasi dari tempat wisata tersebut, mulai dari rute, biaya, dan keseruan apa yang bisa didapat disana. Anda juga bisa memanfaatkan video-video di YouTube agar lebih jelas.

2. Membuat Peta

Selanjutnya Anda bisa membuat peta untuk destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi dalam suatu daerah. Cara paling mudahnya adalah dengan melihat peta suatu daerah, lalu Anda bisa mencoret-coret destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Anda bisa membuat zona di setiap daerah tersebut dan memberinya nama, serta warna yang menarik.

3. Membuat Penjadwalan

Anda bisa membuat semacam kalender harian yang berisi destinasi wisata mana saja yang akan dikunjungi. Mulai dari hari pertama hingga hari terakhir, buatlah jadwal yang sekiranya bisa mendapatkan semua wisata yang diinginkan dengan waktu yang dimiliki. Dengan membuat jadwal, Anda akan meminimalisir terjadinya keterlambatan atau salah tujuan.

4. Membuat Estimasi Biaya

Setelah Anda melakukan riset tadi, pastikan juga telah mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan. Mulai dari harga tiket, kendaraan, penginapan dan juga konsumsi. Tujuan dibuatnya estimasi ini adalah untuk menghindari adanya kekurangan biaya yang pasti akan menghambat saat sedang berlibur nantinya.

Itulah cara membuat itinerary yang sangat mudah namun bermanfaat. Segala sesuatu yang terencana pasti akan berjalan lebih baik, dibanding berangkat dengan ala kadarnya. Saat membuat itinerary, Anda juga bisa menambahkan barang apa saja yang harus dibawa, atau hal-hal kecil lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *