Harus Tetap Hemat, Inilah 5 Cara Mengatur Pengeluaran Saat Liburan

  • Whatsapp
Harus-Tetap-Hemat-Inilah-5-Cara-Mengatur-Pengeluaran-Saat-Liburan
Foto dari ancol.com

Liburan menjadi waktu yang paling dinanti untuk memberikan reward terhadap diri sendiri setelah sebelumnya disibukkan dengan rutinitas pekerjaan maupun aktivitas lainnya. Tetapi penting bagi Anda untuk tetap menghemat pengeluaran yang telah dikumpulkan supaya liburan tidak begitu konsumtif. Beruntungnya tiket Dufan bisa Anda dapatkan dengan harga bersahabat sehingga Anda tidak perlu khawatir akan menguras isi dompet untuk membeli tiket.

Meski begitu, setiap kali Anda liburan, ada baiknya untuk merencanakannya jauh-jauh hari dan tidak serba mendadak. Hal ini berpengaruh terhadap keselamatan, pengeluaran dan tentu kenyamanan Anda.

Read More

Mengatur Pengeluaran Saat Liburan

Berikut cara-cara yang bisa membantu Anda menghemat pengeluaran saat liburan.

1. Jangan Memaksakan Hari, Sesuaikan Dengan Promo

Ada beragam tawaran yang bisa Anda nikmati sewaktu musim liburan. Mulai dari promo tiket masuk, promo transportasi hingga promo tempat penginapan. Promo tersebut dibatasi pada waktu-waktu tertentu.

Untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa menyesuaikan waktu liburan dengan promo-promo tersebut. Rajin-rajinlah membuka situs yang menyediakan paket wisata supaya tidak ketinggalan info promo.

2. Membuat Anggaran

Jika sudah menemukan lokasi wisata dan menentukan hari yang sudah disesuaikan dengan promo, selanjutnya adalah menentukan anggaran total. Prioritaskan kebutuhan primer Anda ketika berwisata mulai dari tiket masuk, penginapan, makan dan transportasi.

Kemudian jika ingin membeli oleh-oleh atau kenang-kenangan, buatlah anggaran sewajarnya. Hindari membeli barang-barang yang tidak begitu penting dalam jangka waktu dekat. Tetapi jika itu adalah barang yang benar-benar Anda inginkan, Anda bisa memprioritaskan jumlahnya.

3. Beli Buah Tangan di Pusat Oleh-Oleh

Ada banyak toko yang menjajakan makanan hingga pakaian yang menjadi ciri khas tempat wisata. Biasanya mereka menjajakannya mulai dari pintu tiket Dufan dan sepanjang jalan menuju lokasi.

Anda bisa memilih untuk membeli oleh-oleh tersebut langsung di pusatnya. Dengan begitu, biasanya akan lebih murah dan banyak diskon. Anda juga mendapatkan barang yang lebih terjamin kualitas dan kebersihannya.

4. Tidak Perlu Membeli Perlengkapan Baru

Apabila Anda memutuskan untuk berwisata ke tempat-tempat yang membutuhkan perlengkapan khusus dan berharga mahal, akan lebih baik jika Anda menyewa saja. Dengan biaya yang lebih sedikit Anda akan diuntungkan melalui persewaan.

Terlebih apabila Anda hanya ingin berwisata ke tempat tersebut hanya sekali waktu saja. Misalnya jika di tempat wisata tujuan Anda ingin berenang dan membutuhkan pelampung, Anda bisa menyewa pelampung yang biasanya juga disediakan oleh masyarakat sekitar.

5. Sedia Uang Cash dan Uang Digital

Ketika berwisata Anda harus menyiapkan uang cash yang biasanya digunakan untuk membayar di lokasi wisata mulai dari tiket masuk, makan di warung hingga ke kamar mandi. Pastikan Anda berhati-hati dan menaruh uang cash pada ransel atau dompet.

Namun, beberapa sarana dan prasarana umum memberikan Anda diskon maupun promo ketika menggunakan uang digital. Seperti transportasi, membeli makanan di supermarket, serta penginapan hotel. Perusahaan uang digital menjalin Kerjasama dengan pengelola wisata. Hal ini tentu menguntungkan bagi Anda karena bisa menghemat pengeluaran.

Apabila Anda mempunyai saudara atau teman yang dekat dengan lokasi wisata maka bisa ajak mereka untuk bergabung bersama Anda. Tentu teman tersebut bisa menjadi guide selama berwisata karena memiliki pengetahuan lebih mengenai daerahnya. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan seperti menginap di rumahnya atau dikenalkan dengan penyedia layanan murah di sekitar wisata. Pastikan Anda memesan tiket Dufan atau tiket masuk terlebih dahulu sebelum kehabisan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *