Inilah Gejala Awal Virus Corona Pada Lansia, Resikonya Lebih Tinggi Dibandingkan Anak Muda

  • Whatsapp
Inilah-Gejala-Awal-Virus-Corona-Pada-Lansia-Resikonya-Lebih-Tinggi-Dibandingkan-Anak-Muda
Foto dari Canva Photos Unlimited

Covid 19 merupakan jenis penyakit baru yang ditularkan oleh virus SARS-CoV-2. Virus yang ditemukan baru-baru ini di Wuhan, China. Sehingga sekarang ini tak hanya masyarakat Wuhan saja yang terjangkit oleh penyakit tersebut. Melainkan banyak diantaranya juga warga negara lain, karena persebarannya berlangsung secara masif, menjadi pandemi global di seluruh dunia. Tak terkecuali juga yang ada di Indonesia. Sekarang ini jumlah penderitanya juga senantiasa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Gejala awal virus Corona ini kerap kali memang tidak terdeteksi, sehingga seseorang tidak menyadari bahwa sebenarnya mereka sedang terjangkit.

Potensi penularannya juga sangatlah besar, apalagi lewat benda-benda yang disentuh oleh pasien positif Covid 19 tersebut. Tak heran jika seandainya cukup sulit di dalam mengendalikan virus tersebut, bahkan penyebarannya berlangsung secara cepat. Tidak hanya itu sebenarnya beberapa golongan memang beresiko tinggi untuk terserang penyakit ini. diantaranya adalah para orang lanjut usia atau lansia. Mereka yang sudah berusia di atas 60 tahun memang lebih mudah untuk terserang virus tersebut.

Read More

Sebenarnya bukan tanpa alasan, melainkan karena memang seiring dengan pertambahan usia, maka fungsi tubuh juga akan mengalami beragam penurunan. Mulai diantaranya adalah penurunan pigmen warna, produksi hormon, kekenyalan kulit bahkan juga sistem imuns atau daya tahan tubuh. Sehingga membuat daya tahan tubuh menjadi lemah dan perlindungan diri terhadap infeksi virus juga berlangsung secara melemah atau kurang. Jadi tidak heran jika seandainya mereka menjadi lebih mudah terserang beragam jenis penyakit. Apalagi gangguan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi Corona tersebut.

Alasan lainnya yang juga membuat lansia ini lebih banyak yang meninggal dunia disebabkan oleh infeksi dari Corona tak lain adalah kadang mereka sudah memiliki penyakit bawaan. Sistem kekebalan tubuh yang lemah memang bisa meningkatkan resiko terkena beragam jenis penyakit, seperti diantaranya adalah kanker kemudian juga jantung, gangguan pada pernapasan atau paru-paru sampai dengan diabetes melitus. Karena sudah adanya penyakit bawaan ini maka infeksi oleh Virus Corona akan memperparah kondisinya, bahkan beresiko tinggi menyebabkan kematian.

Berikut ini diantara beberapa gejala terkena Covid 19 yang biasanya dialami oleh para lansia, yaitu:

  1. Demam tinggi, pasien Covid 19 ini akan menunjukkan gejala awal yaitu dengan tinggi, apalagi ketika virus baru saja menginfeksi tubuh, maka suhu badan secara otomatis juga akan meningkat, bahkan sampai di atas 38 derajat Celcius.
  2. Batuk, batuk juga mengindikasikan gejala awal seseorang terjangkit virus Corona tersebut, diantaranya adalah bukan sembarangan batuk, melainkan jenis batuk kering. Seperti ada rasa gatal di tenggorokan, kemudian menyebabkan batuk yang tidak berdahak, namun disinilah justru letak rasa sakitnya.
  3. Sesak napas, penderita Covid 19 ini umumnya juga akan merasakan gejala lain seperti sesak napas, apalagi pada lansia bahkan yang sebelumnya sudah pernah memiliki riwayat menderita penyakit paru-paru, hal ini sudah pasti akan bertambah parah, karena memang sesak napas ini menyulitkan di dalam menghirup oksigen ke dalam paru-paru. Jika seandainya tubuh kekurangan oksigen sudah pasti akan begitu membahayakan.

Itulah diantaranya gejala awal virus Corona pada pasien lansia, ingat bahwa mereka lebih beresiko tinggi untuk terserang penyakit tersebut dibandingkan dengan orang-orang yang masih muda, sehingga patut untuk diwaspadai. Sebisa mungkin lakukan berbagai macam upaya untuk pencegahan penyakit tersebut pada keluarga tercinta.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *