Inilah Penyebab Nyeri Kepala Dikala Menstruasi

  • Whatsapp

Wanita yang mengalami menstruasi, sering kali pula disertai dengan gejala sakit kepala. Mengapa itu dapat terjadi dan bagaimana solusinya?

Ketika wanita sedang menstruasi, berjenis-jenis keluhan sering kali dinikmati oleh tubuh, mulai dari mual, nyeri perut, hingga sakit kepala atau migrain. Situasi ini hakekatnya wajar, dan gejalanya masih dapat ditangani dengan sistem-sistem gampang. Melainkan, apa penyebab sering kali sakit kepala ketika menstruasi?

Read More

Penyebab sering kali sakit kepala ketika menstruasi

Sakit kepala pada dasarnya bisa disebabkan banyak hal. Tapi, sakit kepala ketika menstruasi biasanya disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh wanita. Para spesialis menemukan bahwa sakit kepala atau malahan migrain lazimnya timbul antara dua hari memasuki haid, sampai tiga hari pertama menstruasi Anda. Sakit kepala ketika haid juga lazimnya lebih parah dibanding waktu-waktu lain ketika sedang tak haid.

Sebabnya tidak lain dan tidak bukan yaitu hormon estrogen yang turun mendadak selama PMS dan menstruasi sehingga bisa memicu sakit kepala. Hormon estrogen juga berfungsi mengaktifkan komponen otak yang membatasi rasa nyeri. Kian rendah estrogen, kian sedikit pula sumber kekuatan otak untuk meredakan nyeri atau mematikan rasa sakit.

Berdasarkan para spesialis di National Migraine Centre, lebih dari setengah wanita yang rutin mengalami migrain, akan mengalami migrain yang lebih parah memasuki atau selama haid. Penelitian menampakkan bahwa risiko sakit kepala meningkat 25 persen dalam lima hari memasuki hari pertama menstruasi, dan risiko hal yang demikian meningkat menjadi 71 persen dalam dua hari sebelum menstruasi diawali. Risiko sakit kepala paling tinggi terjadi pada hari pertama dan dua hari sesudah menstruasi.

Bagaimana memecahkan sakit kepala ketika menstruasi?

Sakit kepala ketika menstruasi bisa diobati dengan mengkonsumsi obat-obatan pereda nyeri. Metode lainnya termasuk:

• Letakkan sekantong es batu yang dibungkus handuk di kepala Anda yang sakit.

• Berlatih relaksasi untuk menurunkan stres.

• Terapi akupuntur bisa menolong membikin Anda rileks dan meredakan sakit kepala.

• Mengkonsumsi triptans. Dokter Anda mungkin memberi resep triptans, obat ini bisa menghambat sinyal rasa sakit di otak Anda. Triptans sering kali diterapkan untuk menghilangkan rasa sakit dari sakit kepala dalam waktu dua jam dan menolong mengontrol muntah.

• Minum penghilang rasa sakit dan triptans. Sebagian wanita mungkin menerapkan kombinasi NSAID dan triptan untuk menghilangkan rasa sakit dampak menstruasi.

• Catat kapan saja sakit kepala ketika haid mulai terasa. Ini bisa menolong dokter untuk menemukan pola dan penanganan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *