Mengenal Renewable Energy dan Sederet Keunggulan yang Dimilikinya

  • Whatsapp
Mengenal-Renewable-Energy-dan-Sederet-Keunggulan-yang-Dimilikinya
Foto dari Canva Pro

Pernah mendengar tentang energi terbarukan atau renewable energy? Mungkin Anda pernah mendengarnya. Namun, apakah Anda tahu arti dari istilah tersebut? Secara umum, energi terbarukan adalah energi yang berasal dari sumber daya yang tersedia di alam atau berasal dari proses alam yang terus berlanjut. Karena berasal dari alam dan dari proses alam yang terus berlanjut, energi ini tidak akan pernah habis selama kehidupan masih terus berlanjut.

Energi Terbarukan dan Energi Fosil

Apa bedanya energi terbarukan dengan energi fosil? Energi fosil, seperti minyak bumi dan batu bara, termasuk energi tak terbarukan meskipun berasal dari alam. Hal ini dikarenakan energi fosil yang dikeruk terus menerus suatu saat akan habis. Dibandingkan tingkat konsumsinya, energi fosil membutuhkan waktu yang lama untuk kembali tersedia.

Read More

Berbeda dengan energi terbarukan yang tersedia setiap hari dan tidak pernah habis. Meskipun dipakai oleh banyak orang, dipakai setiap hari, untuk berbagai tujuan, energi ini akan terus tersedia selama kehidupan terus berlangsung di muka bumi ini. Kemampuannya untuk tersedia kembali jauh lebih cepat dibandingkan tingkat konsumsinya.

Contohnya adalah energi surya atau sinar matahari. Banyak orang memanfaatkan energi surya ini untuk berjemur di pagi hari agar bisa mendapatkan sumber vitamin D. Banyak juga yang memanfaatkannya untuk menjemur pakaian. Meskipun digunakan untuk tujuan tersebut setiap hari dalam jumlah yang banyak, sinar matahari tidak akan habis dan selalu kita dapatkan.

Untuk memanfaatkan energi terbarukan atau renewable energy, dibutuhkan teknologi untuk bisa mengolah energi yang ada menjadi jenis energi lain yang dibutuhkan. Selain tenaga surya, ada beberapa jenis sumber lain dari energi terbarukan yang paling banyak dimanfaatkan, yaitu:

  1. Tenaga air
  2. Tenaga angin
  3. Panas bumi
  4. Bioenergi

Dari berbagai sumber energi tersebut, kebanyakan dimanfaatkan untuk pembangkit listrik dan bahan bakar kendaraan bermotor atau mesin industri. Dengan pengelolaan yang baik, energi terbarukan mampu memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia.

Keunggulan Energi Terbarukan

Energi terbarukan terbukti mampu memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi kehidupan manusia. Hal ini tidak terlepas dari berbagai keunggulan yang dimiliki oleh energi non fosil ini. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh energi terbarukan adalah :

1. Ramah lingkungan

Keunggulan yang pertama adalah ramah lingkungan. Seperti yang Anda tahu, energi fosil telah menciptakan polusi berbahaya di lingkungan. Polusi ini membuat kondisi udara menjadi tidak sehat sehingga mencemari lingkungan.

Berbeda dengan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Meskipun dipakai dalam jumlah besar sekalipun, energi ini tidak akan mencemari lingkungan karena sumbernya pun berasal dari lingkungan. Karena itulah, energi terbarukan juga dikenal sebagai energi bersih karena tidak menghasilkan polusi dan mencemari lingkungan.

Energi yang ramah lingkungan juga akan menjaga bumi dari kerusakan. Bumi sebagai tempat tinggal manusia harus dijaga. Jangan lagi dikotori dengan asap kendaraan bermotor, asap pabrik, dan jenis polusi lainnya.

2. Berlimpah

Keunggulan yang kedua adalah sumber energi ini sangat berlimpah atau tersedia dalam jumlah yang tidak terbatas di alam. Sebanyak apapun Anda memanfaatkannya, energi jenis ini tidak akan habis selama kehidupan masih terus berjalan. Karena itulah energi jenis ini sudah seharusnya menggantikan energi fosil yang akan segera habis.

3. Murah

Keunggulan yang ketiga adalah murah. Energi terbarukan bisa didapatkan secara gratis dari alam. Hanya diperlukan teknologi pendukung, kita sudah bisa mendapatkan manfaat dari energi tersebut. Misalnya, tenaga air butuh turbin, tenaga surya butuh panel surya, dan tenaga angin butuh kincir angin.

Untuk pengadaan teknologinya, mungkin dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun setelah teknologi itu ada, biaya yang dibutuhkan selanjutnya akan jauh lebih murah dibandingkan energi tak terbarukan.

4. Tempat rekreasi

Keunggulan yang keempat adalah bisa dijadikan tempat rekreasi. Ini biasanya berlaku bagi yang memanfaatkan tenaga angin dengan teknologi kincir anginnya. Dengan banyaknya kincir angin di suatu wilayah, sangat mungkin dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang berpotensi mendatangkan penghasilan.

Itulah 4 keunggulan yang dimiliki oleh sumber energi terbarukan atau renewable energy. Dengan segala keunggulan yang dimilikinya, sudah seharusnya manusia beralih secara penuh ke sumber energi terbarukan.  Demi energi yang lebih bersih, murah, dan juga demi bumi yang lebih sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *