Perbedaan Koneksi WiFi vs Paket Data, Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan-Koneksi-WiFi-vs-Paket-Data-Mana-yang-Lebih-Baik
Foto dari Canva

Antara WiFi vs paket data, kira-kira mana yang lebih baik? Penggunaan WiFi rumah saat ini memang sudah banyak. Namun, jumlahnya masih lebih banyak yang menggunakan smartphone dengan koneksi paket data. Alasannya, paket data memungkinkan Anda tetap tersambung ke internet meskipun tidak berada di rumah.

Kelebihan dan Kekurangan WiFi vs Paket Data

Kehadiran paket data memungkinkan Anda untuk tetap bisa mengakses internet tanpa harus memakai perangkat tambahan. Alasannya, karena smartphone yang Anda gunakan langsung terkoneksi ke operator yang merupakan penyedia layanan atau ISP.

Read More

Ponsel Anda juga secara otomatis terdaftar sebagai jaringan publik. Operator yang Anda gunakan juga sudah memberikan alamat IP. Akan tetapi, yang menjadi kelemahan dari koneksi ini yaitu kualitas sinyal yang terkadang tidak stabil.

Di sisi lain, jika Anda ingin menggunakan WiFi maka Anda memerlukan perangkat yang bernama access point. Jadi, smartphone Anda tidak bisa tersambung ke internet maka perangkat tersebut haruslah ada. Access point tersebut bisa berupa WiFi router atau koneksi kabel.

Kelebihannya yaitu jaringan internet yang cenderung lebih stabil. Namun yang menjadi kekurangannya adalah sinyal WiFi memiliki jangkauan yang terbatas.

Anda tidak bisa menggunakannya di sembarang tempat karena hanya terbatas untuk satu area. Berbeda dengan paket data yang bisa Anda gunakan di mana pun Anda berada.

Perbedaan WiFi vs Paket Data

Sekilas Anda sudah mengetahui perbedaan WiFi vs paket data. Namun perbedaan di atas hanya berkaitan dengan seberapa stabil koneksi dan jangkauan di antara keduanya. Untuk mengetahui perbedaan secara lebih lengkap, berikut ini informasinya.

  1. Secara umum, koneksi WiFi memiliki frekuensi mulai dari 2,4 GHz sampai dengan 5,8 GHz. Kemudian untuk paket data mempunyai frekuensi jaringan dari 900 MHz sampai dengan 2200 MHz.
  2. Jaringan WiFi mempunyai jangkauan yang terbatas, namun mempunyai konektivitas yang lebih stabil. Sementara itu, pada paket data mempunyai jangkauan jaringan yang jauh lebih luas. Meskipun begitu, konektivitasnya cenderung tidak terlalu stabil.
  3. Jaringan WiFi memerlukan perangkat tambahan yaitu access point. Pada paket data tidak membutuhkan perantara apa pun.
  4. Internet provider bertugas untuk mencatat penggunaan paket data. Namun ketika Anda tersambung ke jaringan WiFi, kuota Anda tidak akan tersedot.
  5. Ketika listrik padam, Anda tetap bisa tersambung ke internet ketika menggunakan paket data. Namun pada saat menggunakan WiFi maka otomatis koneksi akan terputus.

WiFi vs Paket Data, Anda Lebih Suka yang Mana?

Jadi itulah beberapa perbedaan antara WiFi vs paket data. Anda sudah memahami bahwa di antara kedua koneksi tersebut bisa Anda bedakan berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Namun kesimpulannya koneksi WiFi lebih baik karena jaringannya yang jauh lebih stabil.

Terlebih sekarang pengguna yang memasang WiFi juga sudah semakin banyak. Jadi, lebih mudah untuk Anda tersambung ke jaringan WiFi. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.