Sudah Tahu Bahaya Tidur Setelah Sahur? Cek di Sini!

  • Whatsapp
Sudah-Tahu-Bahaya-Tidur-Setelah-Sahur-Cek-di-Sini
Foto dari Canva Photos Unlimited

Memasuki bulan Ramadhan tentu umat muslim mulai mempersiapkan segala hal kebutuhan keluarga, salah satunya santapan untuk berbuka dan sahur. Pada pukul 3 atau 4 dini hari, umat muslim melakukan salah satu Sunnah Rosul, yaitu makan sahur. Setelah santap sahur, biasanya akan timbul rasa kantuk karena sel darah merah membantu proses pencernaan sehingga otak kekurangan darah. Tidur setelah sahur ternyata sangat berbahaya, yuk simak ulasannya di sini!

Bahaya Tidur Sesaat Setalah Santap Sahur

1. Heartburn

Tubuh yang baru saja menerima makanan mengirim sinyal untuk segera memproses makanan tersebut, sehingga rasa kantuk mulai menyerang. Tidur saat tubuh mencerna makanan sangat nyaman, tetapi tahukah anda bahwa hal itu dapat menyebabkan heartburn? Masalah ini dapat menyebabkan tidur anda bermasalah. Heartburn pun disebabkan oleh produksi asam lambung yang berlebihan dan naik dari lambung ke tenggorokan, sehingga menyebabkan asam di mulut.

Read More

2. Diabetes

Efek samping kedua yang tidak kalah berbahaya adalah terserang diabetes. Setelah santap sahur, tidak dianjurkan tidur karena dapat membuat kadar gula dalam darah naik di pagi hari. akan tetapi, anda juga tidak disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan saat malam hari sebelum tidur. Hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya kadar gula dalam darah. Oleh sebab itu, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang tinggi pritein dan karbohidrat yang kaya serat.

3. Resiko Berat Badan Naik

Beberapa ahli mengatakan bahwa konsumsi makanan di malam hari menyebabkan tidur tidak nyenyak dan masalah kesehatan lainnya. Secara umum, tidur setelah sahur memang tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan hal serupa. Tubuh tidak mampu membakar kalori setelah mencerna makanan. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi porsi karbohidrat saat anda sahur karena dapat mengurangi penumpukan lemak.

Salah satu Sunnah yang dapat anda lakukan saat berpuasa adalah menyegerakan berbuka dan santap sahur. Santap sahur dapat memberikan energi lebih untuk anda menjalani puasa selama sehari penuh. Akan tetapi, banyak sekali masyarakat yang mengantuk setelah santap sahur karena tubuh yang konsentrasi untuk mencerna makanan. Kebiasaan itu dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan, tetapi dapat disiasati dengan kurangi karbohidrat dan tambah protein.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *